Ada gula ada semut

24.6.10
Beberapa hari ini saya sedang kecanduan mengutak-atik Ipod Touch saya dan tentunya rajin shopping di Apps Storenya Itunes. Tak terasa ratusan ribu atau malah sampai jutaan biaya yang harus saya keluarkan untuk belanja di Itunes ini.
Bagi Apple, untuk sampai ke tahap ini tentunya bukan perkara mudah. Setelah dibombardir oleh Bill Gates dan Microsoftnya, rasanya sekarang saatnya bola itu berputar. Microsoft semakin hari semakin pusing dengan gebrakan yang dilakukan oleh Apple karena sangat menggerogpti bisnis yang mereka jalankan. Belum lagi Microsoft juga harus head to head dengan grup Google dan jaringannya.
Kesuksesan Apple dengan Ipadnya berbanding terbalik dengan Microsoft yang sampai saat ini belum juga merilis komputer tabletnya walaupun rumornya sudah ada dari dulu, dan sudah sempat menjadi topik hangat di Youtube.
Pelajaran yang saya dapat disini adalah, dari awal Apple memberi akses seluas luasnya kepada developer independen untuk ikut berkontribusi dan berbagi keuntungan dengan berjualan di Itunes. Belum lagi di Itunes kita juga bisa membeli music, film, bahkan serial TV. Dan jangan lupa kekuatan dari Podcastnya yang rata rata gratis. Jadi Apple tidak bisa besar sendiri, dia bisa besar jika membuat bisnis lain juga ikut besar. Dan begitu gulanya sudah terlihat, tidaklah sulit untuk membuat semut untuk ikut berkumpul.

- Posted using BlogPress from my iPhone

0 comments: