Belajar Bertanggung Jawab kepada Diri Sendiri

29.5.08
Alhamdulillah, Saat ini saya diberi amanah untuk memimpin group perusahaan yang yang totalnya sekarang memiliki 8 anak perusahaan.

Yang empat perusahaan saya sendiri, di bawah bendera Adila Group yang memiliki anak perusahaan antara lain distribusi busana muslim dannis collection, properti (adila property), distribusi produk spa dan aromatherapy Amour Pourvous dan Virto Smart Office (Virtual Office).

Sementara barusan saya juga dipercaya untuk memimpin Bumi Solusi Intermedia (BSI) Group, sebuah perusahaan yang saya bangun bersama teman2 saya. Saat ini BSI Group mempunyai divisi IT (8grams) , Design n multimedia (popline) , lisensi panelneon wilayah surabaya dan F&B di bidang kopi (Coffee Toffee).

Bayangkan ribetnya, dimana masing2 perusahaan memiliki persoalan uniknya masing2.

Sempat terpikir...”kok perusahaanku jalannya ngga lancar2 ya ? kok kayaknya ada aja halangan dan masalahnya” dan akhirnya saya mulai mengeluh dan menyalahkan lingkungan sekitar saya.

”kekurangan modal kerja” dan ”waktu yang cepat berlalu” menjadi alasan favorit saya pada saat itu. Dan yang terjadi adalah semakin banyak masalah yang timbul dan semakin pusing juga menanganinya, sehingga saya pun harus libur beberapa hari untuk menenangkan pikiran.

Setelah menjernihkan pikiran, saya mengingat kembali pelajaran yang saya dapatkan dan terlintas perkataan bahwa ”pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berani untuk bertanggung jawab atas kinerja perusahaannya”.

Disitu saya mulai mengoreksi diri....”Tindakan apa ya yang harus saya lakukan untuk memperbaiki cara kepemimpinan saya ?” atau ” Gimana caranya agar saya dapat memimpin dengan lebih baik lagi ?”.

Karena pada titik itu saya sadar bahwa saya adalah orang pertama yang harus bertanggung jawab atas segala ”kekacauan” yang timbul.

Ternyata apa yang saya tetapkan di dalam hati saya, langung mendapat jawaban yang spontan dari Allah SWT. Pada hari itu salah seorang karyawan saya menghadap dan memberikan laporan tentang satu tugas yang sudah lama ngga selesai2.

Pada hari yang sama juga ada beberapa kabar baik yang disampaikan oleh anggota tim saya yang lain. Subhanallah....padahal saya belum ngapa-ngapain. Cuma baru menetapkan hati.

Dan ini yang membuat saya semangat lagi. Apalagi kalo sudah ada rencana2 yang berhasil dikerjakan bersama anggota tim yang lain. Waaah....harus siap sukses nih !!!

0 comments: