Semangat dagang orang padang

13.6.08
Di dekat rumah saya (daerah mulyosari, Surabaya) ada penjual sate padang yang sangat enak, karena rasanya benar2 mirip dengan sate padang yang saya rasakan pada saat saya dibesarkan di Padang dulu.

Karena enak, maka saya menjadi salah satu langganan tetapnya, sekalian mengasah bahasa minang saya yang saat ini agak berantakan karena jarang di pake ( maklum, di surabaya udah sekitar 10 thn ).

Umurnya masih muda, 1 tahun di bawah saya (kelahiran 1982). Namanya Ajo Syafrie, dia mengembangkan usaha orang tuanya yang juga berjualan sate padang di daerah pasar turi.

Pada saat saya pertama kali kesana, ada yang menarik. Karena langsung saya ajak berbahasa miang, saat itu Ajo Syafrie langsung bertanya kepada saya ”Uda disiko kuliah ato manggaleh ?” (kakak disini kuliah atau berdagang ?).

Sebuah pertanyaan yang unik. Karena biasanya pada saat saya pertama kali bertemu dengan kenalan baru, biasanya pertanyaannya adalah "kerja dimana ?". Tapi Ajo Syafrie dengan pe-denya bertanya kepada saya seolah2 tidak ada opsi untuk menjadi karyawan. Beda dengan orang kebanyakan, biasanya khan tanyanya ”kerja dimana ?”

Dari situ kemudian saya lebih banyak ngobrol dgn Ajo Syafrie, dan saya ketahui kemudian bahwa pada waktu kecil, disaat tmn2nya masih asyik bermain, Ajo Syafrie sudah terbiasa membuat kuah sate dan membuat lontongnya.

Keluarga mereka sempet sukses hingga mengumpulkan modal ratusan juta dlm jangka waktu belasan tahun. Tapi pada saat ingin melakukan ekspansi di Lombok, modal tersebut hilang dgn cepat karena ditipu oleh mitranya.

Akhirnya sekarang keluarga mereka harus mulai dari awal lagi. tapi semua itu dijalani dgn semangat, bahkan Ajo Syafrie mengingatkan kepada saya tentang pentingnya sedekah.

Suatu pelajaran yang luar biasa......karena saya dapat dari seorang pedagang kaki lima yang menurut saya jauh lebih bijaksana dalam menghadapi hidup dibandingkan saya pribadi. Insya Allah ini akan jadi pelecut saya untuk menjadi kaya dan BERKAH.

NB : O....iya, buat yang di surabaya Ajo Syafrie bisa ditemui di Jalan Raya Mulyosari tiap malem (Di depannya McDonald)

4 comments:

  • Unknown

    Entar aku cobain sate padang-nya yah...

  • Eva Vesty

    Assalamualaikum Pak Andi,

    Ketemu lagi dengan saya, masih ingat kan ketika saya berkunjung ke tempat anda, mungkin kaget kok namanya Eva (he...he..he.. karena kebetulan saya pakai login istri saya), gimana bisnisnya lancar ya ?

    Oh ya saya sempat ketemu dengan via e-mail dengan suami adik anda yang namanya Andri, saya pikir itu anda dan kebetulan juga dia ikut milis M-ITS.

    Salam dari Mojokerto
    Aries_setyono
    e-mail : aries_setyono@app.co.id

  • Syamsul

    semangat Orang padang berdagang... bagus bgt ceritanya... kebetulan saya lahir di padang.. hehehe