Catatan dari acara GEPI dan RES

2.8.11
Sesuai dengan janji saya kepada ketua TDA Surabaya , mas Adit untuk sharing tentang acara Regional Entrepreneurship Summit (RES) di Bali yang diadakan oleh GEPI ( Global Entrepreneurship Program Indonesia) dan dihadiri oleh Eric Schmidt (CEO Google) dan Hillary Clinton :)

RES adalah rangkaian acara yang diadakan oleh GEPI, dimana sebelumnya juga diadakan kompetisi bisnis, dimana peserta dihadapkan oleh 12 orang juri yang semuanya berasal dari US dan berprofesi sebagai Angel Investor / VC (Venture Capitalist) / PE (Private Equity). Kebetulan saya juga termasuk salah satu finalist yang terpilih.

GEPI adalah bentukan dari Barrack Obama, yang tujuannya adalah mengembangkan enterpreneurship khususnya di emerging market, dan Indonesia adalah negara kedua setelah Mesir.

Acara RES dihadiri oleh ratusan pengusaha dunia, dan mayoritas dihadiri oleh pengusaha Indonesia. Disana juga dihadiri oleh banyak pengusaha besar Indonesia yang juga didapuk untuk sharing dihadapan peserta.

Inti dari acara tersebut adalah bahwa semua sepakat bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat besar, bahkan diprediksi tahun 2030 Indonesia akan menjadi lima besar ekonomi dunia. Tahun 2011 GDP Indonesia diprediksi mencapai $ 3.000 , bahkan di Jakarta saat ini sudah mencapai GDP $ 5.000. Menurut banyak ahli titik $ 3.000 adalah sinyal, dimana akan muncul kelompok middle class society yang cukup besar dan mereka memiliki high buying power.

Permasalahannya adalah dengan potensi yang sedemikian besar, banyak pengusaha Indonesia yang belum sadar dan merasa cukup dengan apa yang diperoleh saat ini. Dengan semakin tingginya kompetisi usaha dan diiringi oleh globalisasi, pengusaha kita tidak hanya berkompetisi dengan pengusaha lokal lainnya, akan tetapi juga oleh pengusaha Internasional.

Sekedar gambaran kecil, saya beberapa kali diundang oleh pemerintah Malaysia dalam acara buying mission, dan disana ratusan, bahkan ribuan produk Malaysia sudah siap untuk masuk, tinggal mencari lokal partner yang siap untuk diajak kerjasama. Jadi saat ini pengusaha kita juga harus smart secara ilmu, bukan hanya mengandalkan koneksi dan keberuntungan. Saatnya kita munculkan brand / produk lokal yang bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan berbicara banyak di kancah industri global.

Akan menjadi bahaya jika Indonesia hanya menjadi market konsumsi yang besar akan tetapi tidak diiringi dengan tumbuhnya industri lokal, karena Indonesia dengan populasi yang sangat besar, tidak bisa menjadi negara trader seperti Singapura, karena kita butuh untuk membuka lapangan kerja yang banyak agar terjadi pemerataan ekonomi, dan tidak hanya dikuasai oleh sebagian kecil orang.

Dengan potensi ini maka para delegasi US menjajaki kemungkinan untuk menanam investasi di negeri tercinta ini. Dan salah satu pemenang kompetisi GEPI langsung mendapat komitmen investasi yang katanya mencapai $ 1juta dan bisnis yang dibiayai adalah startup, bukan skala growth. Ini membuktikan bahwa para investor luar tidak hanya tertarik untuk menanam investasi dalam skala besar, akan tetapi juga skala menengah. Dan investasi itu berupa equity investment, bukan loan investment.

Selain dari siapnya infrastruktur dan personal development, inilah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh pengusaha Indonesia saat ini. Untuk pembiayaan, bank bukanlah opsi, khususnya perusahaan yang berada di posisi start up atau early growth stage. Joke seorang pengusaha Malaysia mengatakan "banks only lend you an umbrella when there is a sunshine and they take it back when it rains ". Dan pada saat investor sudah siap, pastikan kita sudah siap dengan perencanaan bisnis kita, because when you fail to plan, you'll plan to fail ( tidak usah memperdebatkan otak kanan or otak kiri, yang jelas menggunakan seluruh kemampuan otak kita jauh lebih baik daripada menggunakannya setengah2 :P )

Thanks
Andi Sufariyanto

PourVous Natural Body Care

2 comments:

  • js

    wah saya jadi penggemar baru blog ini.

    heran tulisan-tulisan bagus begitu banyak kok sepi komen.

    makasih banyak udah share pak. saya siap belajar hehe

  • Game for Smart

    GEPI benar - benar kompetisi yang cukup bergengsi loh.. :D

    Selamat kepada semua pemenang :)